Friday, 22 June 2012

Burung dan Semut


BURUNG

http://dokumenrifky.blogspot.com
a
mari kita telusuri kehidupan burung, pasti saudara''semua pernah melihat burung. Burung
pasti membutuhkan makan dan minum seperti halnya manusia yg membutuhkan makan dan minum agar bisa hidup. Burung ini mencari makan dari pagi sampai sore tidak mengenal lelah untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya dan keluarganya serta anak''nya yg menunggu di sarang. meski kadang'' ia kebanyakan makanan dan kadang'' ia mendapatkan sedikit, bahkan tidak dapat sama sekali sehingga burung''itu terpaksa menahan lapar. Tapi burung''itu tidak putus asa tidak menyerah begitu saja ia pasti akan berusaha sekuat tenaga untuk mencari dan mencari lagi kebutuhan ia dan anak''nya. coba kita renungkan sejenak, apakah ada burung ketika penghasilannya tidak mencukupi kebutuhan ia bunuh diri? menjatuhkan dirinya dari gedung bertingkat ? menjedutkan kepalanya ke tembok atau batu ? Apakah ada burung yg seperti itu ?? 



SEMUT

Semut, makhluk yg kecil makhluk yg mudah terinjak oleh kita. semut juga pasti memerlukan makan untuk kebutuhannya hidup. semut juga mencari makanan untuk sekelompok semut yg ada disarang, walaupun tubuhnya yg mungil, tetapi ia mampu mengangkat benda''yg lebih besar dari tubuhnya.














Dan semut hidup selalu dengan kerja sama, saling membantu satu dengan yg lain saling melindungi sesama. sungguh luar biasa, ini berarti menunjukkan bahwa kerja sama saling membantu itu perlu, tidak mungkin kita bisa hidup sendiri di dunia ini.
walaupun kadang''hasil carian makanan semut ini tidak selalu banyak, kadang''sedikit, tetapi semut itu tidak putus asa begitu saja ia selalu tetap berusaha dan saling membantu. Apakah ada semut yg putus asa langsung bunuh diri, terjun dari gedung, menjedutkan palanya kebatu dll ? TIDAK ADA.

lantas mengapa manusia banyak yg bunuh diri lompat dari gedung menabrakan dirinya kekereta hanya karna hal yg sepele, karna masalah kekurangan harta dan karna diputusin pacarnya langsung bunuh diri ?
Kita manusia diberikan kaki untuk berjalan, diberikan tangan, diberikan akal untuk berfikir. masa kita kalah dengan Burung dan Semut yg kecil dari pada kita, apakah kita tidak malu ? 

manusia didunia ini pasti diuji oleh Allah SWT dengan rasa ketakutan,  kelaparan, kekurangan harta. yg sebagaimana dalam firman Allah dalam Q.S.Al-Baqarah:155.
2:155









"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar".


Pada ayat selanjutnya yaitu Q.S.Al-Baqarah:156

2:156

"(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun".



Apahak kita sudah berkata "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun" ketika kita ditimpa musibah ? {intropeksi diri}. mungkin diantara kita ada yg sudah, mungkin ada yg belum. coba kita telusuri kehidupan sekarang, kebanyakan diantara kita ketika ditimpa musibah berkata perkataan yg kotor yg tercela seperti anjing dll.ada juga yg langsung bunuh diri. mari kita intropeksi diri kita masing-masing,  jangan sampai kita menjadi orang yg merugi. na'udzubillah.

Sekian, wasalamu'alaikum wr.wb

waallahu'alam bishowab




















Translate