Tuesday, 16 April 2013

Mencuci tangan memakai sabun

http://dokumenrifky.blogspot.com/2013/04/mencuci-tangan-memakai-sabun.html
Hy sobat yang masih semangat mencari ilmu. 
dari artikel sebelumnya tentang bahaya tidak mencuci tangan sebelum makan dijelaskan bagaimana dampak dari kebiasaan tidak mencuci tangan sebelum makan. pada artikel yang ini tentang mencuci tangan yang benar.

Keuntungan dari kebiasaan kita mencuci tangan pakai sabun adalah mudah, murah dan efisien dalam upaya mencegah masuknya kuman kedalam tubuh kita. kebanyakan orang atau diantara sobat, bila ingin makan mencuci tangannya tanpa menggunakan sabun, mereka beranggapan bahwa mencuci tangan tanpa sabun itu sudah cukup untuk menghilangkan kuman pada tangan kita.


Ada suatu penelitian yang membandingkan jumlah kuman pada orang yang mencuci tangannya tanpa sabun dan pada orang yang mencuci tangannya memakai sabun.survei membuktikan bahwa orang yang mencuci tangannya tanpa sabun hanya mengurangi bakteri sebesar 28% dari jumlah sebelumnya. Nah, bagi orang yang mencuci tangannya memakai sabun dapat menghilangkan bakteri seutuhnya apabila dilakukan dengan cara yang benar.

Ada 5 fakta pentingnya mencuci tangan pakai sabun:
  1. mencuci tangan tidak menggunakan sabun, hanya dengan air saja tidak cukup karna lemak dan kotoran masih menempel ditangan.
  2. mencuci tangan memakai sabun selain menghilangkan lemak dan kotoran yang menempel di tangan juga akan mencegah timbulnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman.seperti: radang tenggorokan, masalah saluran pernafasan, disentri, diare, iritasi kulit, biang keringat, mata merah, tipus dan bau badan.
  3. setelah ke jamban atau setelah buang hajat, hal yang penting adalah mencuci tangan pakai sabun agar menghlangkan kuman yang menempel ditangan
  4. membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun merupakan cara yang mudah, murah dan efisien dan dapat mengurangi biaya pengobatan kesehatan kita.
  5. kebiasaan mencuci tangan pakai sabun sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, ketika anak-anak terserang penyakit diare membuat anak tidak masuk sekolah.


Oke semoga bermanfa'at bagi sobat. jangan bosan-bosan untuk membaca artikel saya.

Translate