Sunday, 24 March 2013

DOFOLLOW dan NOFOLLOW


hy brother n sister semua.. apa kabarrrrr?

pada artikel sekarang saya akan memberikan suatu informasi mengenai dofollow dan nofollow. Bagi para pecinta blog pasti tidak asing lagi mendengar istilah ini, dan bagi yang belum tau silahkan baca terus artikel ini sampai selesai jangan setengah-setengah.

Pada dasarnya blog itu nofollow, dan bisa berubah menjadi dofollow apabila pemilik blog itu menghendakinya atau menginginkannya.

oke langsung saja. apa sih dofollow dan nofollow itu? ada yang tau?


Dofollow adalah link yang mempunyai attribut follow, jadi apabila kita memberi komentar dan meninggalkan link web/blog kita, otomatis web/blog kita mendapatkan backlink dari blog atau web tempat kita memberikan komentar tersebut. 

Nofollow adalah istilah untuk web atau blog yang jika kita memberikan komentar ke blog tersebut maka berarti kita tidak menaruh link ke blog tersebut dan tidak dihitung sebagai backlink oleh google. Namun tetap orang lain bisa berkunjung melalui link yang kita pasang melalui komentar.

nah, dari itu semua ada keuntungannya dan ada juga kerugiannya
Keuntungan dofollow:
1.            Keuntungan bagi pemberi komentar sudah jelas akan mendapatkan backlink. tentunya ini merupakan tambahan poin untuk meningkatkan pagerank.
2.            Keuntungan bagi pemilik blog adalah bertambahnya pengunjung , sehingga meningkatkan traffic, peringkat Rank Alexa turun drastis.
3.            Blog banyak masukan komentar kritik dan saran yang membangun
4.            Hubungan silaturahim juga semakin kuat. Dan kita yang sering dikunjungi. 
5.            Meningkatkan pageview blog  
Kekurangan dofollow:
1.            Terkadang karena terlalu banyak link, blog malah dibanned google. Dan alhasil diseo kan turun.
2.            Biasanya karena banyaknya komentar yang masuk, pemilik blog gak bisa/jarang melakukan kunjungan balik ke blog komentator. tapi ini dimaklumi karena telah memberikan backlink sebagai gantinya.
3.            Banyak spammers yang memberi komentar seperti PTC scam atau bisnis scam yang berkunjung.
Sedangkan nofollow juga memiliki keuntungan dan kerugian seperti
 keuntungan nofollow:
1.            Aman dari gangguan spammers yang mencari backlink asal-asalan
2.            Lebih diminati google dalam hal seo, dikarenakan mesin google lebih suka jenis ini.
3.            Pagerank yang kita dapat murni dan stabil. Tidak cepat naik atau cepat turun. Namun naik berlahan namun pasti.
kekurangan nofollow:
1.            Tidak ada yang memberi komentar atau sedikit
2.            Lebih rentan ditinggal pembaca untuk blog baru 

nah, itulah kurang lebihnya kekurangan dan kelebihan dari dofollow dan nofollow. nah manakah yang paling baik menurut anda dofollow kah? atau nofollow? itu semua tergantung kepada kita sendiri, tergantung kebutuhan kita akan blog. 




Translate