Friday, 15 March 2013

sarapan pagi


JANGAN ABAIKAN SARAPAN PAGI
Oleh : Muhammad Rifky

http://dokumenrifky.blogspot.com/2013/03/jangan-abaikan-sarapan-pagi-oleh.html



Mengapa? why?


Ada apa dengan sarapan pagi? Kok jangan diabaikan? Apakah kalian pernah merasakan kurangnya konsentrasi saat bekerja? Merasakan ngantuk, pusing dan loyo di pagi hari? Apakah kalian pernah berfikir kenapa itu terjadi? Salah satu penyebab itu semua terjadi adalah karena kita mengabaikan sarapan pagi.


menurut dr.Inge Permadhi spesialis gizi. Saat kita tidur selama 8-10 jam dimalam hari, tubuh menggunakan cadangan energi (glikogen) dan glukosa darah untuk melakukan aktivitas vital (yang penting) misalnya: menjaga jantung agar tetap berdetak, dan ginjal tetap memproduksi cairan.

Seusai bangun tidur cadangan glikogen kita akan habis dan tubuh memberikan sinyal "LAPAR", bila tidak ada respons, maka untuk tetep mempertahankan kadar glukosa darah dalam batas normal, tubuh akan menggunakan lemak dan bahkan protein. Maka itu, sarapan penting peranannya untuk mengisi kembali cadangan makanan yang telah terpakai pada saat kita tidur. Dan sebaliknya ketika kita mengabaikan sarapan, maka ia akan mengalami beberapa dampak negatif. Seperti yang disampaikan dr.Inge kurang lebih adalah:
  • Berkurangnya konsentrasi saat bekerja
  • Penurunan tenaga saat beraktivitas di sekolah atau di tempat kerja sehingga produktivitas pun menurun karena tubuh tidak menerima cukup nutrisi yang bergizi dan berenergi
  • Pusing, ngantuk, dan loyo
  • Kurang waspada atau lambat dalam beraksi akibat gula darah yang rendah
  • Mengganggu pencernaan, karena perasaan lapar di pagi hari dapat membuat seseorang cenderung makan dalam porsi berlebihan di siang hari
  • Menahan lapar akibat tidak sarapan akan berdampak buruk bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh
Tukan ternyata sarapan pagi itu sangat penting peranannya. jangan sampai kita mengabaikannya, nanti akan berdampak buruk. Tapi kita juga jangan makan berlebihan, itu juga tidak baik. Makanlah sesuai porsi perut masing-masing. 


Translate