Sunday, 26 May 2013

Ke Karawang

hmmm, mau nulis apa yaaa?? bingung nih.
dari pada bingung lbh baik saya curhat aja, berbagi pengalaman.
http://dokumenrifky.blogspot.com/2013/05/ke-karawang.html

Gini ni, ketika libur ramadhan bulan agustus 2012. saya gak langsung pulang ke rumah, saya mampir dulu di karawang. aduuuh ngapain kali yaaa? saya di karawang bukan cuma ngabisin uang aja, disana saya dan kawan'' belajar dakwah, ngajar SD dll.

Sebenernya saya itu mengikuti acara filsapat. apa sih filsapat itu? filsapat itu singkatan dari forum silaturahmi santri jabodetabek, begitu sobat. Filsapat ini diadakan 1 tahun sekali setiap libur ramadhan.



Mengikuti acara itu gak sia sia kok, kita bisa mengamalkan ilmu yang sudah kita dapat di pesantren/sekolah. Kita juga disana belajar mengajar anak SD, ngisi pengajian, jadi imam isya dan taraweh, ngisi ceramah dimasjid, ngarin ngaji ke anak masyarakat disana, waaah pokoknya mantabbb dahhh.

Kami berdakwah disana 3 hari, tidur dimasjid. hal yang menyenangkan ketika saya berburu nyamuk sama anak anak SD seusai shalat maghrib dan isya. Disana tuuuh banyak banget nyamuknyaa sob. setiap bangun badan pada bentoel bentoel. Udah pake autan tetep aja tuh nyamuk gak mau pergi...

oh iyaa, ketika saya jadi imam taraweh di masjid, saya tuuh ngapalin surat al-baqarah dan surat pendek untuk dibaca nanti ketika shalat. sebelum saya berangkat kemasjid  salah satu teman saya berkata"ki, kalo jadi imam bacanya jangan lama, takut ma'mumnya udah pada tua". ketika saya mulai shalat dari rakaat pertama sampai salam saya baca tuh surat cepet cepet, ketika selesai salam salah satu masyarakat disana bilang ke saya "jang, bacana tong gancang teuing" {bacanya jangan cepet cepet}. untuk rakaat seterusnya saya ngebacanya pelan pelan. ketika selesai shalat saya dipanggil sama masyarakat yang kasih masukkan ke saya tadi. ternyata beliau pintar al-qur'annya banyak hafalannya. saya aja kalah sama beliau.

okeee, besok harinya saya langsung pulang kelampung. sebelumnya saya mampir dulu ke rumah teman saya di cikarang.

Bersambung, lanjutannya klik aja disini liburan ke cikarang

Translate