Saturday, 27 April 2013

Cara posisi tidur baik bagi kesehatan

http://dokumenrifky.blogspot.com
Hy sobat pie kabare? semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT. aamiin.

eeeh sobat, cara tidur sobat udah pada bener belum tuh? udah berkualitas belum tuh? Gini sobat artikel ane kali ini ingin membahas tentang cara posisi tidur baik bagi kesehatan. Hidup kita kan gak lepas yang namanya tidur, ya gk sih? apalagi bagi orang yang suka tidur terus, kalo libur diisi dengan tidur dan tidur, kayak ane ini :D


Tidur yang berkualitas itu merupakan komponen yang mutlak untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya waktu yang cukup saja tapi dengan posisi tidur juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan agar tidur kita berkualitas dan mendapatkan manfa'atnya. gitu sobat.

Banyak loh diantara kita yang kalo tidur pagi harinya pegel-pegel, rasa sakit di bagian leher, keram, semutan dll. Banyak juga ketika tidur ia terbangun dimalam harinya karna rasa sakit dipunggung diakibatkan posisi tidur yang kurang diperhatikan.

Neh sobat, beberapa posisi yang harus kita hindari agar postur tidur kita tidak terganggu saat kita tidur.
  • Tidur dengan bantal yang terlalu besar
          Tuuuu sobat, kalo milih bantal untuk tidur harus milih-milih yaa. Pilih yang pas dengan postur tubuh kita, jangan milih yang gak pas dengan ukuran kepala atau tubuh kita. yang besar ya untuk orang yang besar dan juga sebaliknya. Soalnya gini sobat, dalam hal tidur seperti ini dapat menyebabkan hyperflexion dan uluran leher juga dapat menyebabkan deformitas plastik yang dapat mengakibatkan postur kepala agak maju. Hal ini sangat berbahaya dikarenakan postur kepala ke depan telah terbukti menurunkan kapasitas paru-paru, mengurangi asupan oksigen yang dibutuhkan sel-sel pada tubuh. Hal itu dapat mengakibatkan penyakit asma, sleep apneadan penyakit kardiovaskular. Selain itu, dapat mempengaruhi sistem pada pencernaan yang mengarah ke sembelit, mencegah penyerapan nutrisi, dan sindrom iritasi usus besar. 

  • Tidur tengkurap
         Neee gaya tidur seperti ini ni yang sering digunakan pada orang umumnya, ternyata gaya seperti ini membuat postur tubuh kita tidak baik loohh. Gaya seperti ini mengharuskan kepala kita memalingkan ke satu arah yang dapat menyebabkan respon peregangan panjang pada ligamen dan dapat menyebabkan deformitas ligamen plastik juga dapat mengakibatkan kerusakan pada tulang belakang.

Nah itu merupakan gaya tidur yang dapat merusak postur tubuh kita. Looh terus kita tidur harus gimana tuuh? tidur yang bermanfa'at itu gimana siih? baca terus sobat.

Neeeh ini merupakan posisi tidur yang dapat menghasilkan kesehatan diantaranya:
  • Tidur dengan posisi miring
          Posisi seperti ini telah terbukti beberapa orang merasa lebih nyaman ketika tidur dengan posisi miring dengan pinggul dan lutut tertekuk sekitar 45 derajat. Untuk itu sobat sangat membutuhkan bantal di bawah leher yang membuat tingkat kepala dan wajah dalam posisi yang netral. Dan jika bantal itu dibawah leher terlalu besar dan keras, hal ini dapat menyebabkan posisi fleksi leteral terlalu jauh dari bahu. Sebaliknya jika bantal itu kecil dan halus, hal ini dapat menyebabkan posisi fleksi lateral terlalu dekat dengan bahu. Kedua posisi itu sangat berbahaya bagi sistem saraf tulang belakang. 

  • Tidur terlentang dengan beralaskan bantal
          Tidurlah dengan posisi terlentang dan posisi bantal tepat pada saat anda tidur. Anda dapat menambahkan dibawah lutut dengan tujuan agar pinggul lebih fleksibel jadi lututlah yang akan menanggung semua tekanan dari tulang belakang lumbar dan sendi sacroiliac.

Baca terus dong informasi tentang kesehatan lainnya


Translate